jefri adi setiawan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Guru Menulis Buku :

Guru Menulis Buku : "Seperti menaiki tanjakan dengan motor bebek"

Bismillahirahmanirrahim

Seperti judul di atas, menaiki sebuah tanjakan dengan sebuah motor bebek. Jika kita dalam posisi seperti itu kita harus menaiki sebuah jalan yang menanjak cukup curam dengan mengendarai motor bebek, apa yang akan kita rasakan ?. Takut, ragu-ragu, bimbang, tidak percaya diri dan berbagai kawan-kawan dari perasaan-perasaan itu.

Sebenarnya yang terjadi hanyalah sebuah perkecamukan dalam perasaan, padahal sebenarnya jika dijalani kita tetap bisa menaiki jalan tersebut dengan motor bebek kita, semua akan baik-baik saja dan tetap sampai di tujuan. Perasaan-perasan negatif tersebut yang biasanya membuat kita berhenti melangkah sebelum memulai, atau kalah sebelum berperang.

Sama seperti membiasakan menulis, mungkin akan terasa sangat dan amat berat di awal. Karena begitu ada keinginan menulis maka bayangan apakah tulisan kita bagus, apakah sistematis, apakah sesuai kaidah, apakah akan di apresiasi oleh teman sejawat kita. Semua itu membayangi kita yang pada akhirnya membuat kita takut melangkah atau takut menulis. Terus bagaimana?.

Sama seperti judul di atas, yang perlu kita lakukan hanya berdoa, naiki motor bebek kita, tarik gas motor kita dan mulai berjalan menaiki tanjakan. Tidak masalah apakah kita berjalan pelan atau cepat, apakah kita berhenti sejenak di tengah jalan. Asalkan motor tetap bergerak maka kita nanti akan sampai di tujuan.

Kita hanya peru menulis, tulis, dan tulis lagi. Kalau tulisan kita jelek, tidak sesuai sistematika bahkan tidak ada yang mengapresiasi maka ya wajar saja toh memang penulis pemula. Asalkan kita tetap istiqomah menulis maka seiring berjalannya waktu insyaALLAH segala kekurangan tersebut akan menemui solusinya.

Ada yang mengatakan masalah itu bukan untuk difikirkan, tetapi untuk dihadapi sehingga selesai masalah tersebut. Membiasakan menulis tidak akan bisa dicapai dengan memfikirkan bagaimana caranya, tetapi action mulai menulis adalah jawabannya. Saya kurang menyukai istilah berfikir dulu baru bergerak, tapi saya lebih suka berfikir sambil bergerak. Karena semakin difikir maka semakin tinggi dan besar tembok penghalang usaha kita. Semakin difikir semakin nggak nulis-nulis.

Pasang niat karena ALLAH, dan biar ALLAH yang menuntuk kita. Tulisan ini adalah tarikan awal gas motor bebek saya yang akan menaiki tanjakan, kapan sampainya ?? bukan urusan saya biar ALLAH yang tentukan.

Rembang, 8 Nopember 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sepakat pak, beli motor trail pak gurunga supaya tanjakan bisa dihadapi dengan mudah. Sehat dan sukses selalu. Barakallah.

08 Nov
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali